0
Home  ›  Tutorial

Download Flaticon Gratis

Download Flaticon Gratis

Download Flaticon Gratis

Download Icon di Flaticon memang Gratis, namun kamu hanya mendapatkan file PNG, dan Download Flaticon Gratis bisa kamu praktek kan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs web Flaticon di https://www.flaticon.com/.
  2. Cari ikon yang ingin Anda unduh menggunakan kotak pencarian atau jelajahi kategori ikon.
  3. Setelah menemukan ikon yang ingin Anda unduh, klik ikon tersebut untuk membuka halaman ikon.
  4. Di halaman ikon, Anda akan melihat ikon tersebut dalam beberapa format file yang berbeda dan ukuran yang berbeda. Pilih format file dan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Klik tombol "Unduh" di sebelah format dan ukuran yang Anda pilih.
  6. Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari tiga opsi: "Free," "Basic," atau "Premium." Pilih opsi "Free."
  7. Anda akan diminta untuk memberikan kredit kepada pembuat ikon saat menggunakan ikon tersebut. Jika Anda setuju, centang kotak "Attribution not required" dan klik "Download."
  8. Jika Anda belum masuk ke akun Flaticon Anda, sistem akan meminta Anda untuk masuk atau mendaftar akun Flaticon terlebih dahulu.
  9. Setelah berhasil masuk atau mendaftar, ikon akan mulai diunduh ke komputer Anda.

Namun, download file Premium nya yakni SVG akan admin bahas disini dengan 2 cara, yang pertama dengan login dan yang kedua tanpa login.

Tanpa Login

Tanpa login anda bisa mendapatkan icon dari flaticon namun seperti di jelaskan di atas, anda hanya bisa mendapat kan format PNG, bagaimana caranya?
  1. buka https://www.flaticon.com/ kemudian pada kolom pencarian ketik nama ikon yang ingin di cari kemudian pilih ikon tersebut atu klik
  2. Disini saya menggunakan icon globe :
  3. Kemudian pada teks Merchandising License block teksnya kemudian klik kanan hingga ada pilihan Inspect, disini lah manfaat inpsect elemet di browser. Maka tampilan akan seperti ini :
  4. Cari nama https://cdn-icons-png.flaticon.com/ agar persis seperti gambar di atas dengan cara menggeser mouse sedikit ke atas. Dan ikon PNG akan bisa kita download. Namun karena ini menggunakan metode gratis dengan tanpa login kita hanya mendapat PNG seperti di jelaskan sebelumnya. Tenang, ada cara kedua yakni :

Dengan Login

  1. Login di flaticon dengan akun mu, atau agar lebih cepat bisa menggunakan akun google. Di pojok kanan atas kamu akan melihat photo profile gmail kamu
  2. Kemudian cari ikon yang ingin di pilih, dan saya ingin mencari icon virtual reality, dan mendapatkan hasil seperti ini
  3. Kali ini kita akan menggunakan menu Edit Icon yang ada di atas dan klik kanan pada icon nya dan pilih Inspect
  4. Di sebelah kanan inspect, kamu akan menemukan code dengan awalan <svg xmlns="http://www.w3.org/2000/svg" version="1.1" xmlns:xlink="http://www.w3.org/1999/xlink" xmlns:svgjs="http://svgjs.com/svgjs"  klik kanan dan edit as HTML, kemudian kopi pada notepad.
  5. Sebelum di simpan code yang di beri warna merah sebelum code width="512" harus kamu hapus, karena merupakan backlink webste tersebut.
  6. Simpan dengan nama_icon_.svg dengan extentioon .svg karena kita akan mendownload svg dan mengeditnya bila memungkinkan,dan pada Save as type pilih All files
  7. Untuk mengedit bisa kamu gunakan inkscape seperti ini hasilnya
Kamu bisa simak video tutorialnya untuk lebih jelas di channel saya di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS