0
Home  ›  Blog  ›  Tutorial

Cara Menulis Arab Di Blog

Cara Menulis Arab Di Blog

Cara Menulis Arab Di Blog

Nah kali ini admin ingin membuat tutorial Cara Menulis Arab Di Blog, kenapa sih? Karena dunia menulis kini sangat banyak di minati orang, baik menulis di media berita mauoun di blog/website. Tak sedikit juga para penulis ini yang kita kenal dengan blogger menggunakan berbagai niche, dan tak sedikit juga yang dalam artikelnya menggunakan Bahasa Arab. Mengumpulkan dari berbagai sumber admin menemukan yang pas menurut admin, baik itu untuk blogger ataupun untuk wordpress.

Blogger

Banyak yang memanfaatkan blogger sebagai media menulis bagi mereka yang low budget namun fitur mendukung, seperti pembahasan di atas Cara Menulis Arab Di Blog sebetulnya telah ada fitur tersendiri. Namun, admin akan memberikan dua opsi yang pertama opsi otomatis tanpa coding. Sedang yang kedua opsi dengan coding.

Opsi Otomatis

Seperti telah di bahas di atas untuk menambah font pada blogg bisa secara otomatis, namun sayangnya ketika menambahkan dengan fitur tersebut, font hanya terbatas yang di sediakan pada google font, terlebih bahasa Arab. Untuk menambah font Arab berikut caranya :

Pilihlah menu jenis font. Kemudian akan tampil pilihan menu seperti di bawah ini.

Gambar di atas terlihat admin menambah font Arab dengan memilih Skript Arab. Anda bebas memilih font Arab mana yang sesuai untuk anda namun tadi hanya terbatas pada yang di sediakan di font google. Pilih Nama Font kemudian Klik Pilih

Setelah di tambahkan, maka font tersebut akan tampil di bagian paling bawah. Untuk penulisan Arab pada blog cukup menarik, karena terdapat menu perataan kiri dan kanan (justify) berbeda dengan wordpress yang harus menambahkan code dir="rtl" saat penulisan arab dan meng edit dengan code justify saat perataan paragraf nya.

Untuk merubah posisi dari kanan ke kiri dalam penulisan Arab (Right To Left) atau di kenal dengan RTL seperti terlihat pada gambar di atas. Anda hanya perlu menyesuaikan nya saja. Alhasil penulisan akan seperti gambar di bawah ini.

Opsi dengan coding

Untuk opsi ini sebagamana kita ketahui harus membuka menu Tema, dan mode Edit HTML

Cari lah code ]]></b:skin> kemudian paste code di bawah ini tepat di atas code ]]></b:skin>

@font-face {
font-family: KFGQPC Uthman Taha Naskh Bold;
font-display: swap;
src: url('https://cdn.statically.io/gh/imansani93/idnxmus-html/090d0692/UTHMANTN1B%20VER10_0.OTF') format('opentype');
font-weight: bold;
font-style: normal;
}
.arab {
font-family: KFGQPC Uthman Taha Naskh Bold;
font-size: 26px;
font-weight: normal;
line-height: 2;
text-align: right;
direction: rtl;
margin: 1.5em 0;
}

Setelah itu simpan. Kemudian pada menu postingan saat ingin membuat posting yang memiliki teks bahasa Arab anda harus masuk pada menu HTML bukan pada menu COMPOSE dan menambahkan code ini di sesuaikan dengan code css yang telah kita tambahkan pada tema tadi :

<p class="arab">يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ</p>

Nah apabila niche anda berupa niche islami, misal terdapat ayat Al-Qur'an dengan terjemah, anda bisa menambahkan kode di bawah ini sebagai tambahannya

.block-arab {
    border: 1px solid #eaeaef;
    border-radius: 8px;
    padding: 10px;
    margin: 1.5em 0
}
.block-arab .arab {
    margin: 0
}
.arti-arab {
    position: relative;
    font-size: 90%;
    background-color: rgba(0, 0, 0, .05);
    color: #717174;
    border-radius: 8px;
    padding: 20px 10px 10px;
    margin: 2.5em 0 0
}
.arti-arab:before {
    content: 'Artinya :';
    position: absolute;
    font-weight: bold;
    border-radius: 50px;
    background: #fcfcfc;
    color: #333;
    padding: 0 15px 1px;
    top: -14px;
    justify: 15px;
}

Dan saat membuat post pada menu HTML anda perlu sedikit menambah code pemanggil terjemahnya seperti ini :

<div class="block-arab">
<div class="arab">
tulisan arab di sini
</div>
<div class="arti-arab">
artinya di sini
</div>
</div>

Dari hasil code di atas maka posting akan seperti tampil cantik seperti demo di bawah ini :

Wordpess 

Sebagai mana kita ketahui, wordpress memiliki keunggulan tersendiri salah satunya kita bebas menentukan seperti apa website kita terlepat dari tema yang kita pakai yang mana semuanya menggunakan plugin, termasuk dalam penulisan Arab. Disini pun ada dua cara, dengan plugin dan tanpa plugin

Menggunakan plugin

Apabila menggunakan plugin anda harus terlebih dahulu memasang plugin Use Any Font.

Dari sekian plugin, plugin ini yang admin rekomendasikan. Pada menu Use Any Font anda harus terlebih dahulu generate, untuk mendapatkan Api Key sebagai aktivasi, setelah itu akan muncul Active bahwa plugin sudah bisa di gunakan.

Setelah itu pilihlah Upload Font di menu ini anda bisa menentukan apakah mengupload file font, ataukah langsung mengambil dari google font.

Pada menu Post anda akan melihat pada menu font terdapat font yang baru saja kita tambahkan seperti ini.

Sebagaimana di singgung di atas, untuk wordperss tidak memiliki menu perataan kiri-kanan (justify) dan menu RTL maka kita harus menambahkan nya secara manual. Silahkan lihat contoh di bawah ini.
><p class="arabic" dir="rtl" style="text-align: justify;"><span style="font-family: amiri; font-size: 18pt;">يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ</span></p>

Tanda kuning adalah tambahan untuk merubah arah penulisan bahasa Arab, sedagkan justify merupakan rata kiri-kanan. Dan hasilnya sebagai berikut :

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

Tanpa plugin Agar 

Agar wordpress anda bisa menulis Arab, anda plu memasang script, dan tanpa harus menginstall plugin atau upload file font. Cara nya Pilih Appearance-Customize-Additional CSS dan copy kan codes css ini :
.block-arab {
    border: 1px solid #eaeaef;
    border-radius: 8px;
    padding: 10px;
    margin: 1.5em 0
}

.block-arab .arab {
    margin: 0
}
.arti-arab {
    position: relative;
    font-size: 90%;
    background-color: rgba(0, 0, 0, .05);
    color: #717174;
    border-radius: 8px;
    padding: 20px 10px 10px;
    margin: 2em 0 0
}
.arti-arab:before {
    content: 'Artinya :';
    position: absolute;
    font-weight: bold;
    border-radius: 50px;
    background: #fcfcfc;
    color: #333;
	padding:5px 15px 5px;
    top: -14px;
    left: 15px;
}
simpan dan pada saat menulis teks Arab anda harus menambahkan code ini :
<div class="block-arab">
<div class="arab" style="text-align: justify;">Teks Arab</div>
<div class="arti-arab" style="text-align: justify;">Artinya Disini</div>
</div>
Maka hasilnya akan seperti ini :
الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ
“Iman itu ada 70 atau 60 sekian cabang. Yang paling tinggi adalah perkataan ‘laa ilaha illallah’ (tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah), yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan sifat malu merupakan bagian dari iman.” (HR. Bukhari no. 9 dan Muslim no. 35)

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS