0
Home  ›  Bahasa  ›  Bahasa Inggris

Rumus Mudah Hafal 16 Tenses

TENSES

Rumus Mudah Hafal 16 Tenses

Pada artikel ini di buat Rumus Mudah Hafal 16 Tenses karena banyak yang bilang belajar bahasa Inggris itu membingungkan, awalnya admin pun seperti itu, mungkin karena metode dan cara mengajar yang kurang mengasyikan sehingga kurang menarik minat dalam mempelajari ulang atau bahkan dapat di fahami dengan baik dan benar. Admin sendiri belajar di salah satu lembaga kursus di Kediri Jawa Timur di Pare, yang terkenal dengan Kampung Inggris atau English Village. Di sana menyampaikan materi dengan asyik dan metode mengajar dengan langsung praktek "Practice makes perfect" begitu kata pepatah. Bagaimana dengan menghfalakan 16 tenses? Tenses pun di kemas dengan menarik mungkin agar mudah di fahami bagi yang belajar. Bisa di praktekan dengan baik, contoh awal admin belajar hanya dengan praktek sebuah kartu dengan teman dengan kosa kata "I give you a red card" dan dia menjawab "you give me a red card". Dulu admin tidak berfikir belajar seperti itu untuk apa? Namun, saat sadar, ternyata memang memulai dari hal yang kecil.

Berkaitan dengan bahasa Inggris memang tidak akan mudah di fahami bila kita sendiri tidak faham sentence, yang mana ketika dalam percakapan berkaitan dengan tenses. Jumlah yang mungkin banyak dengan rumus yang berbeda membuat tenses selal di lewati padahal tenses merupakan materi essesnsial. Ah... Tenses mah boring, biar gak boring begini Rumus Mudah Hafal 16 Tenses.

Ada banyak rumus agar mudah menghafal tenses, insyaallah akan di uraikan satu persatu namun harus dengan keadaan fokus agar materi mudah tercerna, salah satu contoh menghafalakan dengan ruas jadi seperti gambar di bawah ini.

16 jari tenses

Dari ruas jari di atas terdapat 4 ruas di setiap jari maka 4x4=16, yang mana tenses berjumlah 16. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Dari keterangan waktu di atas seperti present, past, future, past future.

S = Simple C = Continuous

Pf = Perfect PfC = Perfect Continuous

Empat (4) keterangan waktu tersebut di kali dengan empat (4) ruas jari maka akan menjadi seperti berikut :

  1. Simple Present (sering di sebut present saja)
  2. Present Continuous
  3. Present Perfect 
  4. Present Perfect Continuous
  5. Simple Past (sering di sebut past saja)
  6. Past Continuous
  7. Past Perfect 
  8. Past Perfect Continuous
  9. Simple Future  (sering di sebut future saja)
  10. Future Continuous
  11. Future Perfect
  12. Future Perfect Continuous
  13. Simple Past Future (sering di sebut past future saja)
  14. Past  Future Continuous
  15. Past Future Perfect 
  16. Past  Future Perfect Continuous

                                Dengan warna yang berbeda untuk membedakan waktu dan keterangannya, maka semua nya berjumlah 16 tenses dengan hanya menggunakan ruas jari saja. Mudah bukan? Untuk lebih memahami pada rumus selanjutnya alangka baiknya di hafalkan berdasarkan urutan seperti di atas. Simak juga tabel berikut ini.

                                Verb Tenses

                                Mudah bukan? Nah itulah penjelasan singkat Rumus Mudah Hafal 16 Tenses. Semoga bermanfaat. Sampai bertemu di Rumus Mudah Hafal 16 Tenses selanjutnya. Yakni rumus dengan perkawinan tenses dan rumus-rumus menarik lainnya. Happy learning.

                                Search
                                Menu
                                Theme
                                Share
                                Additional JS