0
Home  ›  PC  ›  TIK

Pengenalan Dasar Komputer - #PART 3

Pengenalan Dasar Komputer - #PART 3

Kalau di artikel sebelumnya (Pengenalan Dasar Komputer - #PART 1 dan Pengenalan Dasar Komputer - #PART 2) berkenaan dengan Penyimpanan, Sebagaimana kita tahu ada input ada output nah Pengenalan Dasar Komputer - #PART 3 kali ini berkaitan dengan media output nih.

5. PERALATAN OUTPUT (OUTPUT DEVICE)

Peralatan Output berfungsi untuk menampilkan hasil dari oengolahan Peralatan Pemroses. Hasil dari pengolahan orsebut bisa berbentuk gambar, teks maupun suara. Berdasarkan jenis output tersebut maka ada beberapa Peralatan Output yang ada sampai saat ini yaitu Monitor, Printer dan Speaker.

A. MONITOR

MONITOR

Monitor merupakan kom-ponen dasar PC yang harus tersedia pada system komputer. Monitor (display) adalah alat untuk menampilkan hasil pemrosesan data dari alat pemroses. Sebuah monitor bisa menggunakan satu diantara beberapa teknologi display. Teknologi yang populer adalah teknoiogi cathode ray tube (CRT), yaitu teknologi yang sama dengan yang digunakan pada telvisi. Teknologi yang lain adalah LCD (Liquid-Crystal Display) yang harganya lebih mahal dari CRT Active-matrix atau Thin-Film Transistor (TF adalah monitor berwarna terbaik, dimana setiap yang dikontrol oleh tiga transistor (red, green, blue). Dalam setiap pergantian gambar, layar Active-matrix mengerjakannva dengan cepat dan akurat. Monitor mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ukurannya berkisar antara 9-inci sam ampai 42-inch. Semakin besar monitor, semakin tinggi harganya Kebanyakan monitor berukuran 14, 15, 17 dan 21 inc Ukuran diagonal ini bukan merupakan ukuran layar yang akan ditampilkan, tetapi merupakan ukuran dari tabung. Dalam monitor dikenal istilah resolusi monitor. Resoltisi (resolution) adalah jumlah elemen gambar baik horisontal maupun vertikal (pixel) yang tampil di layar. Semakin banyak jumlah pixel semakin bagus gambarnya.

B. PRINTER

PRINTER

Printer adalah Peralatan Output yang berfungsi untuk mencetak. Teknologi yang dipakai pada printer adalah dot. Gambar yang tercetak pada kertas terbentuk dari banyak dot. Sehingga resolusi pada printer sering dikenal dengan dots per inch (dpi). Beberapa tipe printer yang berdasarkan teknologi dot adalah:

  • Printer Dot-Matrix
  • Printer Ink-jet dan Bubble-jet
  • Printer Thermal
  • Printer Laser

C. Audio (speaker)

Audio (speaker) 

Peralatan ini dijumpai apa bila seseorang menghedaki output dalam bentuk suara.

D. LCD Projector

LCD Projector 

LCD Projector adalah se buah peralatan output yang menam-pilkan hasilnya ke layar. Per-alatan ini sering digunakan untuk presentasi atau sebagai pengganti OHP.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS