0
Home  ›  PC  ›  TIK

Pengenalan Dasar Komputer - #PART 1

Pengenalan Dasar Komputer


Sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Komputer, kali ini kita akan membahas Pengenalan Dasar Komputer. Komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Menurut V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic dan S.C Zaky yang tergabung dalam Computer Organizatioon komputer didefinisikansebagai sebuah mesin penghitum elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yam tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi. Pendapat lain tentang komputer menurut American Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan internasional Organization For Standardization Technical Commite, komputer adalah suatu pem roses data (data processor) yang dapat melakukan per- hitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

Pengenalan Dasar Komputer

Komputer dibentuk dari bagian-bagian yang terstandardisasi, termasuk komponen tambahan dan expansion card untuk melakukan suatu fungsi tertentu pada komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasil- kan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen tersebut brainware (manusia), hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Perangkat lunak yang akan mengoperasikan perangkat keras-nya. Perangkat keras yang sudah didukung oleh perangkat lunak juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

A. BRAINWARE

Merupakan operator atau manusia yang terlibat di dalam nengoperasikan serta mengatur sistem komputer yang dapat juga disebut sebagai pengguna. Drainware dapat dikategorikan menjadi 2 (dua), yaitu:

1. Laterat komputer

Kategori Laterat komputer merupakan seorang pengguna/user yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang apakah komputer dan bagaimana alat tersebut digunakan. Seorang laterat komputer tidak memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menganalisis kerusakan, memanfaatkan komputer untuk aplikasi berbasis interfacing, mengidentifikasi dan pemilihan komponen-komponen yang baik unuk performa terbaik sekaligus merakitnya menjadi sebuah komputer yang lengkap dan dapat beroperasi.

2. Kompeten komputer

Seorang kompeten komputer menguasai terminologi komputer yang digunakan, menguasai fungsi bagian-bagian sistem komputer, dan memiliki keterampilan menggunakan komputer untuk menghasilkan informasi atau melakukan tugas-tugas yang diinginkan. Kategori ini juga memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memilih komponen komputer yang baik untuk performa terbaik. Seorang Diploma III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara diharapkan memiliki kategori seorang kompeten computer karena peralatan Telekomunikasi dan Navigasi Udara saat ini dioperasikan menggunakan sistem komputer sehingga seorang teknisi dituntut untuk selalu siap akan datangnya teknologi komputer terbaru.

B. HARDWARE/PERANGKAT KERAS

1. Komponen Dasar Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras atau disebut juga piranti keras adalah peralatan di system komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Komponen-komponen perangkat keras komputer meliputi: Motherboard (papan induk / papan utama), Mikroprosesor (atau disebut prosesor saja), RAM  Cassing, VGA Card, Disk Drive, Hard disk, CD ROM, monitor dan lain- lain. Perangkat keras sistem komputer dapat diklasifikasikan dalam 5 (lima) kelompok yaitu; Input Device, Output Device, Processing Device, Storage Device dan Communication atau I/O Device. Unit-unit ini terhubung satu dengan ýang lainnya. Unit-unit I/O digunakan untuk komunikasi antara representasi informasi internal dari sinyal-sinyal elektris dalam komputer dengan representasi eksternal seperti terminal, printer, dan alat-alat sensor atau kontrol. Program-program tersimpan dalam memori dan dikerjakan oleh CPU. CPU membaca deskripsi, atau representasi tiap program dari memori, membaca data yang diperlukan untuk setiap langkah mengeksekusi atau memproses setiap langkah program, kemudian mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai.

2. Peralatan Input

(Input Device) Operasi input berarti menempatkan data ke dalam memori utama komputer. Data merupakan input bagi komputer, dan selanjutnya data tersebut digunakan untuk proses komputer yang ditangani oleh unit CPU. Data-data yang ada dalam memori utama diproses sesuai dengan instruksi-instruksi yang terdapat pada program komputer.

Program komputer merupakan kumpulan instruksi yang mengatur system komputer melakukan operasi input dan output, operasi aritmatik, dan operasi logika. Untuk menempatkan data dalam memori utama komputer, diperlukan alat, misalnya: keyboard (papan ketik disk drive, scanner, CD drive, mouse, dan lain-lain. Berdasarkan fungsi atau penggunaannya, peralatan input dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu peralatan input langsung dan peralatan input tidak langsung.

1. PERALATAN INPUT LANGSUNG

Peralatan input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU seperti misalnya keyboard, mouse, scanner, censor dan voice recognizer.

A. KEYBOARD

Keyboard 

Keyboard (papan ketik) adalah peralatan input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke peralatan proses dengan cara mengetikkan lewat tombol tombol yang ada di keyboard.  Tombol-tombol pada keyboard tersebut memiliki kode-kode yang dimengerti computer untuk dikonversi menjadi karakter yang ditampilkan pada monitor computer. kode tersebut dinamakan ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Tabel ASCII dapat dilihat seperti di bawah ini

B. MOUSE

Untuk keperluan tertentu seperti pembuatan grafik, gambar atau untuk memindah-mindahkan pointer (penunjuk) dengan cepat, peng- gunaan keyboard kurang memuaskan. Untuk lebih memudahkan dan lebih mempercepat pekerjaan manusia, peralatan input yang berupa pointing device akan lebih tepat digunakan. Dari sekian banyak jenis pointing device, yang paling populer adalah Mouse. Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar.

Mouse 

Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah Cursor menempati posisi tertentu di layar, tombol yang ada di mouse dapat ditekan untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan.

C. SCANNER

Scanner 

Scanner adalah alat untuk membaca sebuah dokumen baik gambar maupun teks yang dapat disimpan secara digital ke dalam komputer.

1. Voice Recognition

Voice atau Speech Recognizer adalah sebuah peralatan input yang bertujuan untuk memasukkan input suara manusia secara langsung. Peralatan input jenis ini yang palin populer adalah Microphone.

2. Peralatan Input Tak Langsung

Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung di proses oleh CPU, tetapi disimpan terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya pita magnetic (magnetic tape) atau disk magnetik (magnetic/floppy disk). Hal ini akan dibahas pada bagian memori. Peralatan input tak langsung ini juga dapat digolongkan menjadi peralatan penyimpanan (Storage Device)

3. Peralatan Pemroses CPU (Processing Device)

CPU
Peralatan pemroses adalah suatu mekanisme dimana input atau masukan yang berupa in- struksi tunggal maupun rangkaian instruksi (program) diproses/ diolah untuk mendapatkan output atau hasil keluaran berupa in- formasi atau data dalam bentuk/ format yang lain seperti yang diinginkan oleh pengguna komputer. Dalam sebuah sistem komputer (untuk PC Stand Alone), umumnya yang disebut sebagai peralatan pemroses identik dengan CPU (Central Processing Unit). CPU Sendiri terdiri dari dua bagian utama, yaitu control unit (unit kendali) dan arithmetic and logic unit (unit aritmatika dan logika). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang ber ukuran kecil yang disebut register.

4. Control Unit

Bertugas mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, mengambil instruksi- instruksi dari main memory, mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses, mengirim instruksi ke arithmetic and logic unit bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan Iogika serta mengawasi kerja arithmetic and logic unit, menyimpan hasil proses ke main memory.

5. Arithmetic And Logic Unit

ALU 
Bertugas utama dari arithmetic and logic unit (ALU) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<>), kurang dari (<), kurang atau sama dengan dari (<=), lebih besar dari(>), lebih besar atau sama dengan dari (>=). 6. Register Merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory. Konsep penting yang mempengaruhi kecepatan dari processor adalah ukuran dari register. Istilah word size menggambarkan ukuran dari operand register yang berkisar dari 8 sampai 64 bit. Misalnya operand register mempunyai word size 16 bit, maka processor tersebut disebut 16-bit processor, selanjutnya banyak yang menyebut komputernya sebagai komputer 16 bit. CPU disusun oleh beberapa komponen seperti processor, motherboard, interface card dan lain-lain.

D. MOTHERBOARD

Motherboard atau mainboard adalah kom ponen dasar PC yang sangat penting, meru- pakan papan utama dimana banyak komponen PC yang lain ditempatkan di situ. Jadi Motherboard adalah papan utama yang menampung komponen-komponen utama sepertu mikro proseso, RAM,ROM (dalam hal ini ROM BIOS atau sering disebut BIOS atau CMOS). PCB motherboard terbuat dari fiberglass dan track tembaga menghubungkan antar komponen. Kemampuan dan kecepatan kerja komputer ditentukan juga oleh motherboard. Motherboard yang disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama.

Motherboard

Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

E. PROCESSOR

Dalam hal ini Mikro prosesor akan berfungsi sebagai CPU (Central Processing Unit), yaitu unit pengolah pusat yang merupakan otak dari suatu komputer yang mengatur kinerja komputer secara keseluruhan. CPU ini berupa sebuah chip IC yang sering disebut mikroprosesor atau disebut prosesor saja. Mikroprosesor adalah suatu rangkaian digital yang dirancang sedemikian rupa dengan dimensi yang sangat kecil dan dibuat dalam satu chip (IC Integrated Circuit). Hampir semua PC menggunakan processsor buatan Intel atau yang compatible dengan processor buatan Intel, seperti buatan IBM, AMD dan Cyrix. Prosesor

Contoh: Prosesor 8080, 80186, 80286, 80386, 80486 Intel P5 (seperti: Intel P60, Intel P 75, Intel P 100, Intel 133, Intel P 166, Intel P 200, Intel P 233), AMD K5, AMD K6, Cyrix MIl 233, Celeron, Athlon, Pentium II, Pentium llI, Pentium 4 dan lain-lain.

Ada beberapa perbedaan antara processor Pentium dan Celeron sebagai berikut:

  • Core - Celeron chip didasarkan kepada Pentium 4 core.
  • Cache - Celeron chips memiliki cache memory lebih kecil daripada Pentium 4 chips. Sebuah Celeron memiliki cache memory mencapai 128 kilobytes pada cache L2, sementara itu sebuah Pentium 4 mencapai 4 (empat) kalinya. Kapasitas cache memory L2 dapat memberikan effect yang besar thadap performa komputer.
  • Clock speed - Intel memproduksi Pentium 4 chips untuk bekerja pada clock speed yang lebih tinggi sampai 60% daripada Celeron chips.
  • Bus speed - Perbedaan bus speeds maksimum yang memungkinkan untuk processors Pentium 4 mencapai 30% lebih cepat daripada Celerons.

Perkembangan microprocessor pertama dimulai dari pemakaian Intel 8080 pada pada 1974. Microprocessor pertama yang diproduksi untuk pasar adalah Intel 8088 pada 1979 dan digunakan bekerja sama dengan IBM PC (first appeared around 1982). Lalu berkembang menjadi 80286

Name Date Transistirs Microns Clock Speed Data Width MIPS
8080 1974 6,000 6 2 MHz 8 bits 0.64
  • Date adalah tahun processor pertama kali diperkenalkan.
  • Transistors adalah jumlah transistors dalam chip. Tiap tahun perkembangnnya, jumlah transistor meningkat sangat pesat.
  • Microns adalah lebar jalur terkecil pada chip dalam ukuran mikron. Sebagai perbandingan, tebal rambut manusia adalah 100 microns. Dapat dilihat sebagaimana lebar jalur semakin mengecil, maka jumlah transistor semakin meningkat
  • Clock speed adalah kecepatan maksimum chip dapat beroperasi.
  • Data Width adalah lebar atau kapasitas ALU (Arithmetic Logic Unit). Sebuah ALU 8-bit dapat menambahkan dua buah 8-bit data, sementara ALU 32-bit dapat memanipulasi sampai 32- bit. Sebuah ALU 8-bit harus mengeksekusi 4 instruksi untuk menambahkan dua buah 32-bit, semantara sebuah ALU hanya 1 instruksi saja.
  • MIPS (Millions of Instructions Per Second) adalah sebuah perhitungan kasar untuk melihat performa sebuah CPU

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS