0
Home  ›  Parenting

5 Hal Dasar Yang Harus Ada Dalam Keluarga

"Keluarga merupakan salah satu institusi yang menjadi pondasi dalam masyarakat, termasuk dalam agama Islam. Dalam Islam, terdapat 5 Hal Dasar Yang Haru"

5 Hal Dasar Yang Harus Ada Dalam Keluarga

5 Hal Dasar Yang Harus Ada Dalam Keluarga

Keluarga merupakan salah satu institusi yang menjadi pondasi dalam masyarakat, termasuk dalam agama Islam. Dalam Islam, terdapat 5 Hal Dasar Yang Harus Ada Dalam Keluarga yang harus dijaga dan diterapkan untuk menjaga keharmonisan serta keberkahan dalam hubungan keluarga. Pilar-pilar tersebut adalah:

1. Tauhid (Ketuhanan Yang Maha Esa)

Pilar pertama adalah keimanan kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Pada keluarga Muslim, penting untuk menyadari bahwa semua anggota keluarga harus hidup berdasarkan tauhid, yaitu meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan keluarga adalah atas kehendak Allah SWT.

Dalil Al-Qur'an yang mendukung pilar ini terdapat dalam Surah Al-Baqarah ayat 163:

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ ۖ لَّآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلرَّحْمَٰنُ ٱلرَّحِيمُ

Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.  (Q.S. Al-Baqarah ayat 163)

2. Akhlak dan Moral yang Mulia

Pilar kedua adalah menjaga akhlak dan moral yang baik dalam keluarga. Hal ini meliputi sikap saling menghormati, menyayangi, memaafkan, dan berbakti kepada orang tua serta sesama anggota keluarga.

Dalil Al-Qur'an yang mendukung pilar ini terdapat dalam Surah Al-Israa' ayat 23-24:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."  (Q.S. Al-Israa' ayat 23-24)

3. Kasih Sayang dan Cinta

Pilar ketiga adalah memupuk kasih sayang dan cinta antara suami istri, serta antara orang tua dan anak. Kasih sayang dan cinta ini menjadi landasan dalam membentuk ikatan yang kuat di antara anggota keluarga.

5 Hal Dasar Yang Harus Ada Dalam Keluarga
sumber : freepik.com

Dalil Al-Qur'an yang mendukung pilar ini terdapat dalam Surah Ar-Rum ayat 21:

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ‏ 

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (Q.S.  Ar-Rum ayat 21)

4. Komunikasi yang Baik

Pilar keempat adalah menjalin komunikasi yang baik antara anggota keluarga. Komunikasi yang baik menjadi sarana untuk memahami, mendengar, serta saling memberi masukan dan dukungan dalam keluarga.

Dalil Al-Qur'an yang mendukung pilar ini terdapat dalam Surah An-Nisa ayat 58:

۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat. (Q.S. An-Nisa ayat 58)

5. Edukasi dan Pembelajaran

Pilar kelima adalah adanya pendidikan dan pembelajaran dalam keluarga. Memberikan pendidikan yang baik, mulai dari pendidikan agama hingga pendidikan kemampuan dan keterampilan, merupakan tanggung jawab orang tua.

Dalil Al-Qur'an yang mendukung pilar ini terdapat dalam Surah At-Tahrim ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ 

Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.  (Q.S. At-Tahrim ayat 6)

Dengan membangun dan menjaga kelima pilar dasar keluarga Islam ini, diharapkan keluarga Muslim dapat mencapai kehidupan yang harmonis, penuh kebahagiaan, dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Search
Menu
Theme
Share
Additional JS