0
Home  ›  PAI  ›  SMP

Iman Kepada Rasul

Iman Kepada Rasul
Iman Kepada Rasul

Sebelumnya kita membahas Mengimani Qadha Dan Qadar, kali ini kita akan membahas Iman Kepada Rasul. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia di dunia. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW. merupakan nabi sekaligus rasul terakhir. Tidak ada lagi nabi dan rasul yang diutus setelah Nabi Muhammad SAW. Sebelum Nabi Muhammad SAW diutus, Allah SWT telah mengutus nabi dan rasul lain yang membawa ajaran yang sama yaitu mengesakan Allah SWT. Setiap muslim memiliki kewajiban mengimani nabi dan rasul utusan Allah SWT. Iman kepada nabi dan rasul merupakan bagian rukun iman.

Pengertian Iman kepada Rasul

Rasul adalah orang yang diberi wahyu oleh Allah SWT. berupa syariat tertentu dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya guna meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Iman kepada rasul merupakan rukun iman yang keempat. Seorang muslim wajib beriman kepada rasul yang telah diutus oleh Allah untuk menyampaikan kebenaran, memberikan kabar gembira maupun peringatan, serta menjelaskan hakikat agama. Mengimani rasul hendaknya dilakukan secara sempurna disertai kesediaan untuk mendengarkan seruan yang disampaikan, memikirkan, dan menanamkan dalam jiwa raga. Iman kepada Rasul bukan hanya keyakinan secara lisan saja, akan tetapi keyakinan tersebut harus dibuktikan dengan tindakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengimani para rasul yaitu sebagai berikut :

  1. Meyakini risalah yang dibawa para rasul.
  2. Menjadikan rasul sebagai teladan.
  3. Tidak membedakan sikap terhadap para rasul.
  4. Mengikuti ajarannya.

Tugas Para Rasul

Berikut tugas yang harus dijalankan para rasul :

  1. Menyerukan kepada tiap umat agar menyembah hanya kepada Allah Swt.
  2. Memberi peringatan yang jelas.
  3. Menyuruh menyembah kepada Allah swt. agar menjadi takwa.
  4. Membawa berita gembira dan peringatan.
  5. Menjadi teladan yang baik.
  6. Sifat-Sifat Para Rasul

Sifat-sifat bagi rasul terdiri atas tiga macam, yaitu sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz. Di samping itu, rasul juga memiliki sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh selain rasul, yaitu ishmaturrasul dan iltizamurrasul. Berikut sifat-sifat para rasul.

Sifat Wajib

Sifat wajib adalah sifat istimewa yang harus ada pada diri seorang rasul. Adapun sifat wajib bagi para rasul adalah sebagai berikut.

1) As-Siddiq Siddiq berarti jujur.

2) Al-Amanah Al-Amanah yaitu dapat dipercaya.

3) At-Tablig At-Tablig berarti menyampaikan.

4) Al-Fatanah Al-Fatanah, yaitu cerdik dan bijaksana.

2) Al-Khianah

Sifat Mustahil

Sifat mustahil bagi rasul adalahsifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul. Sifat ini adalah kebalikan dari sifat wajib. Sifat mustahil bagi rasul antara lain sebagai beriktu :

  • Al-Kizzb Al-kizzb artinya dusta
  • Al-Khianah artinya tidak dapat dipercaya.
  • Al-Kitman Al-Kitman artinya menyem- bunyikan.
  • Al-Baladah Baladah berarti bodoh.

Kisah Dakwah 25 Nabi Dan Rasul

Jumlah rasul yang diabadikan Allah SWT dalam Al-Qur’an ada 25 orang. Delapan belas nama di antara mereka disebutkan dalam Surah Al-An’am ayat 83–86 dan selebihnya disebutkan dalam surat-surat yang lain. Berikut para rasul yang wajib diimani.

  1. Nabi Adam A.S | Nabi Adam A.S bergelar Abu al-Basyar yang artinya bapak semua manusia. Nabi Adam A.S adalah nabi sekaligus manusia pertama yang diciptakan Allah Swt.
  2. Nabi Idris A.S | Nabi Idris A.S adalah keturunan ke-6 Nabi Adam A.S. Nabi Idris A.S ialah seorang nabi yang pandai menulis, menjahit, mengetahui ilmu binatang, dan menunggang kuda.
  3. Nabi Nuh A.S | Nabi Nuh A.S adalah keturunan ke-9 dari Nabi Adam A.S. la terkenal sebagai nabi yang fasih berbicara, bijaksana, dan sabar dalam menjalankan tugas risalahnya.
  4. Nabi Hud A.S | Nabi Hud A.S diberi tugas oleh Allah Swt. untuk berdakwah kepada kaum Aad yang menyembah berhala-berhala bernama Shamud, Shada, dan Al Haba. Selain itu, Nabi Hud A.S ialah nabi yang berlapang dada, berbudi tinggi, pengasih, penyantun, sabar, cerdas, dan tegas.
  5. Nabi Saleh A.S | Nabi Saleh A.S diutus ke tengah- tengah bangsa Tsamud yang hidup di bekas reruntuhan kaum Aad. Mukjizat terkenal Nabi Saleh A.S adalah lahirnya unta betina dari celah batu dengan izin Allah Swt.
  6. Nabi Ibrahim A.S| Nabi Ibrahim A.S adalah putra Azar, pembuat patung berhala untuk Raja Namrud dan para pengikutnya. Nabi Ibrahim A.S disebut sebagai Abul Anbiya’ atau bapak para nabi.
  7. Nabi Lut A.S | Nabi Lut A.S merupakan keponakan Nabi Ibrahim A.S. Nabi Lut A.S diutus oleh Allah Swt. kepada kaum Sadum.
  8. Nabi Ismail A.S| Nabi Ismail A.S adalah putra Nabi Ibrahim A.S dengan Siti Hajar. Nabi Ismail A.S adalah seorang yang sangat sabar, penyantun, serta berhati lembut. Beliau selalu menepati janji.
  9. Nabi Ishaq A.S | Nabi Ishaq A.S adalah putra Nabi Ibrahim as dengan Siti Sarah.
  10. Nabi Ya’qub A.S | Nabi Ya’qub as adalah putra nabi Ishaq A.S. Dengan demikian, beliau sekaligus menjadi cucu Nabi Ibrahim A.S dari istrinya, Rahel, Nabi Ya’qub A.S. dikaruniai dua orang putra bernama Yusuf dan Bunyamin. Di dalam Al-Qur’an nama beliau sering disandingkan dengan Nabi Ibrahim A.S.
  11. Nabi Yusuf A.S | Nabi Yusuf A.S. dikisahkan dalam riwayatnya sebagai seorang pria yang sangat tampan dan piawai dalam memimpin negaranya, sejak kecil dia mendapat mimpi yang tidak biasa dan ketika besar Nabi Yusuf A.S. dapat menakwilkan mimpinya tersebut sehingga dia sangat dihormati oleh masyarakat sekitarnya.
  12. Nabi Ayub A.S | Nabi Ayub A.S adalah seseorang yang mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, akan letapi beliau tidak pernah sombong dan sangat dermawan. Nabi Ayub A.S seorang nabi dan rasul yang sangat terkenal kesabarannya dalam menghadapi berbagai cobaan.
  13. Nabi Syu’aib A.S | Nabi Syu’aib A.S bergelar Khatibul Anbiya yang artinya ahli pidato nabi-nabi. Nabi Syuaib A.S menyebarkan ajaran Islam di daerah Madyan.
  14. Nabi Musa A.S | Julukan Nabi Musa A.S adalah Kalim Allah yang artinya orang yang diajak bicara oleh Allah Swt. Nabi Musa A.S diutus untuk memimpin kaum Israel ke jalan yang benar. Allah Swt. menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa A.S.
  15. Nabi Harun A.S | Nabi Harun adalah kakak kandung dari Nabi Musa A.S. Nabi Harun A.S diutus oleh Allah Swl. untuk membantu tugas kerasulan Nabi Musa A.S, Sering kali mendampingi Nabi Musa A.S dalam menyampaikan dakwah kepada Fir’aun, Hamman, dan Qarun.
  16. Nabi Zulkifli A.S | Nama aslinya adalah Basyar. Sejarah menyebutkan bahwa Nabi Zulkifli adalah putra Nabi Ayub A.S dari istrinya Rahmah menyerukan agama kepada kaum Bani Işrail. rasul-rasul sebelumnya Beliaulah yang terakhir dan sekalıgus sebagai penutup menyempurnakan ajaran-ajaran Islam Pokok ajaran yang dibawa oleh Nabi Isa A.S Nabı Isa A.S. diangkat menjadi nabi untuk Nabi Muhammad SAW. adalah Rasul
  17. Nabi Daud A.S | Nabi Daud A.S. adalah nabi yang mewarisi ilmu pengetahuan dan kitab Zabur. Nabi Daud A.S memiliki suara yang paling merdu dari semua suara umat manusia. Seperti Nabi Yusuf A.S yang di berikan wajah tampan dan raja tak terkalahkan di jamannya.
  18. Nabi Sulaiman A.S | adalah nai yang mewarisi ilmu pengetahuan dan kitab Zabur milik Nabi Daud A.S. 19. Nabi llyas A.S | Nabi llyas A.S tinggal di lembah Sungai Yordan yang penduduknya menyembah berhala, Nabi llyas A.S. menyerukan kepada mereka untuk meninggalkan berhala
  19. Nabi llyasa A.S | Nabi llyas A.S Nabi Ilyasa A.S diangkat oleh Allah Swt. sebagai rasul untuk Bani Israil yang membawa risalah kenabian menggantikan Nabi Ilyas A.S.
  20. Nabi Yunus A.S | Keturunan Nabi Ya’qub A.S diutus oleh Allah Swt kepada bangsa Ninawa di daerah Mansul dalam Kerajaan Babil.
  21. Nabi Zakaria A.S | Nabi Zakaria A.S diangkat menjadi rasul untuk kaum Bani Israil Nabi Zakania A.S dikenal sebagai nabi yang gigin memperjuangkan agama Allah Swt. dan tidak pernah putus A.S.
  22. Nabi Yahya A.S | Nabi Yahya A.S adalah putra dari Nabi Zakaria A.S dan kelahırannya dikabarkan oleh Malaikat Jibril dalam Q.S. Maryam [19) 7 dan Q.S. Ali-Imran [31, 39. Nabi Yahya A.S adalah sepupu dari Nabi Isa A.S.
  23. Nabi Isa A.S | Nabi Isa A.S diangkat menjadi nabi untuk meyerukan agama kepada kamu Bani Israil. Pokok ajaran yang di bawa nabi Isa A.S adalah mengesakan Allah SWT.
  24. Nabi Muhammad SAW | Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul yang terakhir dan tidak ada nabi setelahnya yang di utus menyempurnakan akhlak.

Rasul Ulul Azmi

Rasul ulul azmi artinya rasul yang memiliki keteguhan dan kesabaran yang sangat tinggi dalam menghadapi ujian dan cobaan dakwah yang sangat berat. Adapun para rasul yang mendapatkan gelar ulul azmi ada lima, yaitu sebagai berikut.

  1. Nabi Nuh A.S | Nabi Nuh A.S adalah rasul pertama yang diutus Allah SWT dan telah menuhankan berhala. Nabi Nuh A.S dengan sabar berdakwah kepada umatnya yang sangat susah menerima kebenaran. Terbukti, hampir 1.000 tahun usianya, pengikutnya tidak lebih dari 200 orang. Bahkan istri dan anaknya, Kan’an, termasuk penentangnya. Maka ketika umat Nabi Nuh A.S sudah kelewatan, Allah SWT. menimpakan azab. Allah Swt. mengirimkan gelombang air bah. Umat Nabi Nuh A.S semuanya tenggelam, kecuali Nabi Nuh A.S dan pengikutnya yang beriman. Nabi Nuh A.S diberi mukjizat oleh Allah Swt. dapat membuat perahu/bahtera yang dapat menampung orang-orang beriman kepada Allah Swt., dan semua jenis hewan yang hidup pada masa tersebut sepasang- sepasang.
  2. Nabi Ibrahim A.S | Nabi Ibrahim A.S juga banyak mendapat cobaan dan hambatan dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT. Dakwah Nabi Ibrahim A.S mendapatkan tantangan sangat keras oleh penguasa pada saat itu, yaitu Raja Namrud. Bahkan Azar, ayah Nabi Ibrahim A.S sendiri juga menolak ajaran yang disampaikannya. Akan tetapi, Allah Swt. menyelamatkan nabi Ibrahim A.S sehingga beliau tidak hangus sedikit pun.
  3. Nabi Musa A.S | Nabi Musa juga termasuk rasul yang sangat sabar (ulul azmi). Beliau sabar saat berdakwah kepada Fir’aun dan pengikutnya. Selain itu, beliau bersabar dalam memimpin kaumnya yang sangat pembangkang.
  4. Nabi Isa A.S | Nabi Isa A.S juga mendapat tantangan dan cemoohan dari kaumnya yang menolak ajaran Nabi Isa A.S. Namun, Nabi Isa A.S dengan tetap tabah dan sabar terus menyampaikan dan mengajak umatnya untuk beriman kepada Allah Swt.
  5. Nabi Muhammad SAW | Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul yang terakhir yang membawa ajaran Islam yang diperuntukkan bagi seluruh umat manusia di dunia.

Hikmah Beriman kepada Rasul Allah Swt.

Beriman kepada para rasul Allah SWT mempunyai hikmah yang sangat besar dalam kehidupan kita. Adapun di antara hikmah tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Memiliki teladan dalam menjalankan kehidupan.
  2. Mengetahui hakikat diciptakannya manusia yaitu untuk beribadah kepada Allah Swt.
  3. Dapat mengetahui antara yang benar dan yang salah.
  4. Memiliki pandangan hidup yang jelas.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS