0
Home  ›  IPS

Karakteristik Negara Maju

Karakteristik Negara Maju

Karakteristik Negara Maju

Kali ini kita akan belajar mengenai Karakteristik Negara Maju. Ada ratusan negara di dunia. Setiap negara di dunia memiliki potensi sumber daya yang berbeda-beda. Ada negara yang unggul dalam potensi sumber daya alam. Ada pula negara yang unggul dalam potensi sumber daya manusia. Sebuah negara yang mampu mengelola sumber daya dengan baik, penduduknya akan hidup sejahtera dan makmur. Kondisi inilah yang menunjukkan karakteristik negara maju.

1. Karakteristik Negara Maju Istilah negara maju (developed country atau advanced country) digunakan untuk mengelompokkan negara- negara yang berkembang dan maju secara ekonomi. Kegiatan ekonomi yang mendominasi negara maju adalah sektor jasa (industri jasa) yang memberikan pendapatan tinggi. Tingkat pendapatan yang tinggi akan menentukan tingginya tingkat pendapatan per kapita dan indeks pertumbuhan manusia (IPM). Apa yang mendasari penentuan sebuah negara sebagai negara maju? Sebuah negara dapat dikatakan maju jika tingkat kesejahteraan penduduknya tinggi. Untuk menentukan tingkat kesejahteraan penduduk di suatu negara dapat digunakan indikator berikut.

a. Pendapatan per Kapita

Pendapatan per kapita menjadi tolok ukur utama dalam menentukan sebuah negara menjadi negara maju atau bukan. Pendapatan per kapita menunjukkan besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Daftar pendapatan per kapita negara maju di dunia dapat kamu ketahui dari situs http:// data.worldbank.org/indicator/NY.GDP.PCAP.CD. Kamu dapat meringkas informasi yang diperoleh pada situs tersebut sebagai bahan belajar. Ingat, gunakan internet secara bertanggung jawab.

b. Tingkat Pertumbuhan Penduduk Terkendali

Tingkat kesejahteraan di suatu negara dapat dilihat dari pertumbuhan penduduknya. Jumlah penduduk berdampak terhadap tingkat pendapatan per kapita. Negara maju biasanya memiliki jumlah penduduk sedikit dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah.

c. Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di suatu negara berpengaruh terhadap kondisi perekonomian negara tersebut. Meskipun tidak kaya sumber daya alam, suatu negara yang memiliki SDM berkualitas akan tumbuh menjadi negara maju. Bagaimana dengan Indonesia? Dengan sumber daya alam melimpah, apakah Indonesia dapat tumbuh menjadi negara maju? Diskusikan bersama temanmu secara santun! Selanjutnya, kemukakan hasil diskusi di kelas.

d. Angka Melek Huruf

Angka melek huruf adalah jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis di suatu wilayah. Negara maju memiliki angka melek huruf yang tinggi karena tingginya kualitas pendidikan di negara maju. Dengan angka melek huruf yang tinggi, penduduk akan terus mengembangkan kemampuan intelektualnya. Dari sinilah suatu negara dapat tumbuh menjadi negara maju.

Selain tolok ukur tersebut, suatu negara dapat dikatakan menjadi negara maju jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Hasil pertanian, peternakan, dan perikanan digunakan untuk industri bahan makanan dan diekspor.
  2. Aktivitas perekonomian penduduknya telah mengguna sarana dan prasarana yang modern.
  3. Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang berkaitan dengan industri berkembang pesat.
  4. Tingkat pendidikan dan keterampilan penduduknya sangat tinggi.
  5. Penduduk memiliki sifat kemandirian tinggi.
  6. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah.
  7. Angka harapan hidup tinggi.
  8. Intensitas mobilitas tinggi.
negara-negara maju

Dilihat dari tolok ukur dan ciri-ciri negara maju di atas, Indonesia belum dapat dikatakan sebagai negara maju. Akan tetapi, Indonesia memiliki modal besar untuk menjadi negara maju. Modal tersebut antara lain lokasi yang strategis, cadangan sumber daya alam yang melimpah, sarana transportasi yang beragam, dan jumlah tenaga kerja yang besar. Modal tersebut jika dikelola dengan baik, dapat menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

2. Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju

Saat ini Indonesia masih berada pada golongan negara berkembang. Dibutuhkan banyak upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan mandiri. Hal yang paling utama yang perlu ditingkatkan untuk memajukan Indonesia adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Beberapa upaya yang dilakukan Indonesia untuk menjadi negara maju sebagai berikut.

a. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Pendidikan sangat memengaruhi kualitas sumber daya manusia. Penduduk yang memiliki pendidikan tinggi, kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan penduduk dengan pendidikan rendah. Jika Indonesia memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus, akan terjadi inovasi di bidang teknologi. Upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia sebagai berikut.

1) Menganggarkan 20% dari APBN untuk bidang pendidikan. 2) Memperbaiki dan menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan perkembangan zaman. 3) Meningkatkan mutu guru dengan mengadakan pelatihan guru, memberikan beasiswa untuk guru, dan memberi gaji tambahan untuk guru (sertifikasi). 4) Menyalurkan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk biaya sekolah. 5) Menyalurkan bantuan siswa miskin (BSM) untuk biaya kebutuhan sekolah bagi siswa tidak mampu, 6) Menyalurkan beasiswa bagi siswa berprestasi. 7) Meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan seperti alat peraga pendidikan, laboratorium, dan buku penunjang pendidikan. 8) Menyalurkan bantuan dana penelitian untuk mahasiswa ataupun dosen guna meningkatkan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

b. Peningkatan Kualitas Kesehatan

Salah satu syarat sebagai negara maju adalah memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Angka harapan hidup tinggi dapat dicapai jika suatu negara memiliki kualitas kesehatan yang baik. Upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia sebagai berikut.

1) Mengadakan pemerataan fasilitas kesehatan dan tenaga medis di seluruh wilayah Indonesia. 2) Memberikan jaminan kesehatan bagi penduduk miskin. 3) Mengadakan penyuluhan kesehatan di lingkungan masyarakat. 4) Menjalin kerja sama dengan badan kesehatan dunia (WHO) terkait program kesehatan, standardisasi obat dan makanan, serta peningkatan gizi masyarakat. Pemberian imunisasi secara gratis bagi balita dan pemberian pengetahuan tentang pentingnya keluarga 5) berencana (KB) untuk menekan angka kematian anak dan angka kematian ibu.

c. Peningkatan Pendapatan Per Kapita

Pendapatan per kapita Indonesia masih jauh tertinggal dari standar pendapatan negara maju. Pada tahun 2014 pendapatan per kapita Indonesia sebesar US$4.668, sedangkan standar untuk menjadi negara maju minimal harus memiliki pendapatan per kapita US$12.747 (menurut Bank Dunia per 1 Juli 2014). Bagaimana upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pendapatan per kapita? Upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan per kapita di Indonesia sebagai berikut. Meningkatkan pengolahan dan pengelolaan sumber daya alam.

  1. Meningkatkan pengolahan dan pengelolaan sumber daya alam.
  2. Meningkatkan penguasaan iptek agar mampu mengolah sendiri sumber daya alam yang di miliki
  3. Meningkatkan hasil produksi di bidang pertanian, pariwisata, perindustrian, perdagangan, dan jasa (pelayanan).
  4. Memperluas lapangan kerja agar jumlah pengangguran berkurang.
Itulah penjelasan mengenai Karakteristik Negara Maju yang bisa admin tulisanguu.com jelaskan, semoga bermanfaat.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS